Timnas Wanita Fokus ke Piala AFF 2018

Timnas wanita
Ist

Sawangan, Nuswantara.id – Tim Nasional Wanita Indonesia mengakhiri pemusatan latihan (TC) pada pekan ini untuk libur hari raya Idul Fitri 2018. Sebelum berlibur, Tugiyati dan kawan-kawan melakukan dua kali uji coba lokal di Sawangan.

Pada uji coba melawan Union FC, Jumat (7/6), Timnas Wanita kalah 1-5, sedangkan versus Tunas Merah Putih, Minggu (9/6) kalah 1-2. Lawan yang dihadapi adalah tim pria yang notabene menjadi lawan yang bagus untuk skuat Garuda Pertiwi.

TC Timnas Wanita disiapkan untuk mengikuti ajang Piala AFF Wanita yang bergulir pada 30 Juni hingga 13 Juli 2018 di Palembang. Mereka tergabung di grup B bersama Vietnam, Myanmar, Filipina dan Singapura.

“Perkembangan teknik, fisik, taktik para pemain semakin bagus saat ini. Para pemain sudah mulai memahami menu latihan yang saya berikan. Pengalaman dua kali uji coba melawan Thailand pada akhir Mei lalu membuat anak-anak semakin tahu apa kelebihan dan kekurangan mereka ,” tutur Satia Bagdja Ijatna.

“Saat ini kami sudah semakin fokus menghadapi lawan-lawan di grup Piala AFF Wanita mendatang. Kami di grup yang diisi oleh tim-tim yang bagus dan punya kekuatan. Yang jelas kami waspadai semua tim. Para pemain Timnas Wanita akan berkumpul lagi pada 18 Juni. Sekitar satu pekan kami TC di Sawangan, selanjutnya kami akan terbang ke Palembang jelang berlangsungnya Piala AFF Wanita 2018,” jelas Satia.

Sementara itu, gelandang Timnas Wanita Indonesia, Dhanielle Daphne mengaku selalu menikmati dan enjoy dalam latihan yang diberikan tim pelatih. Baginya latihan dalam pemusatan latihan jangka panjang tidak ada masalah dan menjadi motivasi agar bisa memberikan penampilan yang terbaik.

“Kami diberi berbagai macam menu latihan. Usai uji coba internasional dengan Thailand, pekan ini kami dua kali uji coba dengan tim lokal pria. Hasil memang kami kalah, namun kami mendapatkan lawan yang tangguh dan pengalaman yang berharga,” kata Daphne.

“Kami libur sekitar satu minggu saat Lebaran 2018. Meski begitu, saya dan teman-teman sudah diberikan program latihan sendiri-sendiri oleh tim pelatih. Kami sudah semakin fokus, semangat dan konsentrasi karena Piala AFF Wanita tinggal sekitar dua minggu lagi,” jelasnya.

Selain menghadapi Piala AFF Wanita, Timnas Wanita Indonesia pada tahun 2018 ini juga akan mengikuti Asian Games pertengahan Agustus mendatang. Indonesia pun menjadi tuan rumah di dua ajang bergengsi ini.

Pembagian Grup AFF Women’s Championship 2018

Grup A: Thailand, Australia, Malaysia, Timor Leste, Kamboja

Grup B: Indonesia, Vietnam, Myanmar, Filipina, Singapura

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here