Terima Paket Belanja Online, Ini yang Harus Dilakukan

Paket Belanja Online
ilustrasi

Jakarta (NUSWANTARA) – Sejak pandemi virus corona merebak, pergerakan manusia jadi terbatas, termasuk upaya untuk belanja. Perilaku masyarakat pun berubah. Banyak dari mereka yang beralih menggunakan jasa belanja online untuk membeli kebutuhan sehari-hari sampai makanan.

Namun apa yang harus dilakukan ketika menerima paket tersebut. Anda memang tak bersentuhan dengan si pengantar paket, namun apakah virus tersebut tak menempel di paket belanja Anda? Haruskah menyemprotkan cairan disinfektan ke paket sebelum membukanya?

Virus corona dapat bertahan di beberapa jenis permukaan selama sembilan hari atau lebih sehingga menimbulkan kekhawatiran untuk menyentuh paket belanja online.

Seperti dilansir cnnindonesia.com, Centers for Disease Control and Prevention mengungkapkan kemungkinannya sangat kecil bahwa virus corona bisa menyebar lewat paket yang sudah dipindahtangankan berkali-kali dalam beberapa hari.

WHO juga mengungkapkan bahwa kecil kemungkinannya paket belanjaan Anda akan terkontaminasi setelah terekspos ke berbagai kondisi lingkungan yang berbeda, meskipun ada risiko orang yang melakukan kontak dengan virus tersebut, disebut sangat rendah kemungkinannya.

Lalu bagaimana dengan paket yang datang di hari yang sama, misalnya pesan antar makanan? Food and Drug Administration mengungkapkan tak ada bukti bahwa virus bisa menyebar melalui makanan atau paket.

Namun tak ada salahnya untuk tetap berhati-hati. Setelah menerima paket, Anda bisa saja menyemprotkannya dengan disinfektan dan mendiamkannya selama 15 menit kemudian mengelapnya. Jangan lupa cuci tangan maksimal 20 detik setelah memengang paket Anda. Buang pembungkusnya dan cuci lagi tangan Anda.

Hanya saja jangan semprot disinfektan ke paket makanan Anda. Anda hanya perlu mencuci tangan setelah memegang paketnya, mengeluarkan semua makanan dan jika memungkinkan hangatkan makanan tersebut. (ajs)

Leave a Reply