Survei Indo Barometer: Mayoritas Publik Puas Kinerja Jokowi

Puas kinerja Jokowi - JK
Foto: gesuri.id

Jakarta, Nuswantara.id – Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei terhadap kepuasan kinerja pemerintahan dan program nawacita Joko Widodo-Jusuf Kalla. Hasilnya, mayoritas publik sangat puas dengan kinerja Jokowi-JK dan terhadap pencapaian program nawacita Jokowi.

“Sebanyak 68,6 persen masyarakat merasa puas terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden, lalu sebesar 65,1 persen masyarakat juga puas dengan kinerja Jokowi-JK,” ucap Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodori di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Selasa (22/5).

Adapun alasan utama publik merasa puas terhadap kinerja Jokowi-JK adalah pembangunan infrastruktur yang meningkat sebesar 29,7 persen dan banyaknya bantuan bagi rakyat kecil sebanyak 13,8 persen.

Sedangkan untuk program Nawacita Jokowi secara keseluruhan sebanyak 39,4 persen publik merasa puas dengan program tersebut. “Untuk Nawacita kan ada 9, dari kesembilan itu yang paling tinggi kepuasannya adalah program Nawacita ketiga tentang upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah pedesaan, itu ada 60,4 persen,” kata M. Qodori lebih lanjut.

Lebih lanjut M. Qodori mengatakan dari tingginya kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden, sebanyak 55,5 persen publik menginginkan Jokowi kembali memimpin Indonesia. Adapun alasan utama mereka ingin kembali memilih karena terbukti kinerjanya, dekat dengan rakyat dan pembangunan yang meningkat.

Survei dilakukan kepada 1.200 responden dengan metode wawancara tatap muka dan kuesioner. Survei dilaksanakan pada tanggal 15-22 April 2018 di 34 provinsi. (gesuri.id)

Leave a Reply