Rakernas PDI Perjuangan Hasilkan Sembilan Rekomendasi

Ilustrasi. Penutupan Rakernas I PDI Perjuangan 2020 di JI Expo, Jakarta, Minggu (12/1). (Foto: Elva Nurrul Prastiwi)

Jakarta – Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, Rakernas PDI Perjuangan memghasilkan sembilan poin rekomendasi yang disebutnya sebagai sebuah komitmen serta sikap politik PDI Perjuangan.

Baca: Franciska Harap PDI Perjuangan Terus Angkat Budaya Pedalaman

“Rekomendasi ada sembilan poin, mencakup bagaimana komitmen PDI Perjuangan di dalam membumikan ideologi Pancasila, menjaga NKRI, kebinekaan kita, dan juga bagaimana kita bergotong royong bersama,” katanya usai acara Rakernas I PDI Perjuangan 2020 di JI Expo, Jakarta, Minggu (12/1).

Kesembilan ;point rekomendasi tersebut sebagai berikut:

1. Mendukung pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

2. Menjaga kehormatan dan kedaulatan teritorial serta ekonomi.

3. Memperjuangkan perubahan UU Pemilu demi penguatan sistem kepartaian serta pemilu murah.

4. Mendorong kemajuan BNPB, BNPP, BMKG, BNN, BPOM, penanggulangan HIV/AIDS serta kemudahan urus HAKI

5. Industri hulu hilir harus berbasis IPTEK dengan mendorong riset dan inovasi serta peningkatan kualitas SDM.

6. Memelopori kebijakan pembangunan nasional yang berpihak pada lingkungan hidup.

7. Mendukung Badan Riset dan Inovasi Nasional, mematrikan riset sebagai kunci kedaulatan.

8. Target kemenangan 60% Pilkada 2020 sebagai pijakan kemenangan Pemilu 2024.

9. Kekayaan alam dan keragaman rempah Indonesia menjadi jalan kemakmuran Indonesia berdikari.

Dapat disimpulkan, lanjut Hasto, dalam Rakernas I PDI Perjuangan juga disampaikan dukungan terhadap Presiden Joko Widodo dalam menjalankan pemerintahan Indonesia. Menurutnya, Jokowi sangat tegas dalam membuat kebijakan-kebijakan terkait kepentingan negara.

“Rakernas pertama PDI Perjuangan 2020 mendukung sepenuhnya sikap tegas pemerintahan Jokowi-Maruf Amin dalam upaya menjaga eksistensi, kehormatan dan kedaulatan teritorial, serta kedaulatan ekonomi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai tindakan pihak  manapun, termasuk  kepentingan asing,” jelasnya.

Rakernas I PDI Perjuangan 2020 ini juga merekomendasikan terkait aspek penataan sistem pembangunan demokrasi dalam segi haluan negara. Salah satu strateginya, membangun industri hu-hilir dengan mengedepankan riset dan inovasi.

“Haluan Pembangunan Nasional yang dirancang tersebut merupakan jalan kemakmuran yang bertumpu pada peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar menjadi manusia Indonesia  dengan semangat berdikari,” jelasnya

Hasto menyebut, rekomendasi ini juga meminta pembangunan yang dilakukan pemerintah harus tetap mengedepankan keramahan lingkungan dan keindahan alam Indonesia.

“Tidak ada gunanya pembangunan tanpa perhatian terhadap keseimbangan lingkungan, tata ruang yang baik dan berkelanjutan yang menjamin kecukupan pangan untuk rakyat itu sendiri,” ujarnya.

Baca: Rizieq & Anies Disindir di Malam Kebudayaan PDI Perjuangan

Selanjutnya, rekomendasi terkait hal strategis seperti pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Rekomendasi juga ditujukan pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Narkotika Nasional (BNN), serta penanggulangan HIV/AIDS.

“Itu juga sangat penting dibangun kesadaran, kemudian juga berkaitan dengan basarnas, badan nasional yang berkaitan dengan pencarian dan pertolongan,” pungkas Hasto. http://gesuri.id

Leave a Reply