PSSI Gelar Kursus Pro AFC April Mendatang

PSSI
Ist

Jakarta (NUSWANTARA News) – PSSI terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya pelatih di lingkungan sepak bola nasional. Selain kursus pelatih C, B, dan A AFC pada tahun 2018, PSSI menggelar juga menggelar kursus Pro AFC.

Kursus pelatih Pro AFC adalah kursus tertinggi lisensinya di tingkat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Untuk Indonesia saat ini belum ada satu pun pelatih yang mengantongi sertifikat Pro AFC. Kursus ini dilakukan sebagai persiapan salah satu persyaratan dari AFC bahwa nantinya pada tahun 2020 setiap pelatih di kompetisi profesional level teratas harus memiliki lisensi Pro AFC.

“Kursus pelatih Pro AFC akan kami laksanakan pada tanggal 15-21 April nanti di Sawangan. Kursus tersebut akan dilaksanakan dengan sistem 7 modul dan berlangsung hampir satu tahun lamanya,” kata Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.

“Ini akan menjadi sejarah bagi Indonesia dan PSSI karena pertama kalinya menggelar kursus Pro AFC dan memiliki pelatih dengan lisensi tersebut. Untuk peserta kursus Pro AFC yang ikut akan ada 24 pelatih, hingga saat ini nama-nama masih kami finalisasi. Salah satu syarat untuk mengikuti kursus ini yakni harus memiliki lisensi A AFC dan empat tahun terakhir aktif menangani tim profesional. Nama-nama pelatih yang ikut kursus Pro AFC juga harus mendapat rekomendasi dari PSSI dan AFC,” jelas pria berusia 66 tahun ini.

Kursus pelatih Pro AFC nantinya akan diinstrukturi oleh Bader Ahmad yang notabene instruktur AFC dari Kuwait. Selain diikuti pelatih dari Indonesia, ada juga beberapa pelatih dari luar negeri tepatnya negara dari kawasan Asia Tenggara untuk mengikuti kursus ini.

Sementara itu, saat ini hingga pekan depan PSSI sedang menggelar kursus A dan B AFC di Nirwana Sawangan Park, Depok, Jawa Barat. Sebanyak 23 nama peserta ikut kursus pelatih lisensi A AFC dan 22 orang lainnya ambil bagian dalam kursus pelatih lisensi B AFC.

Nama-nama legenda hidup pemain sepak bola Indonesia seperti Bima Sakti, Sudirman, Uston Nawawi, Kurnia Sandy, Ansyari Lubis, Charis Yulianto, Aples Tecuari, Marwal Iskandar, Kuncoro dan lain-lain ikut ambil bagian dalam kursus A dan B AFC tersebut. (*/gun)

Leave a Reply