Presiden Jokowi Minta Pamong Praja Muda Tunjukkan Prestasi, Integritas, dan Loyalitas

Praja muda IPDN
Para Pamong Praja Muda angkatan XXV tahun 2018 bersyukur usai mengikuti acara pelantikan di IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (27/7). (Foto: Rahmat)

Sumedang, Nuswantara.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada pamong praja muda untuk memberikan prestasi dalam melayani rakyat serta menunjukkan integritas dan loyalitas kepada masyarakat, bangsa, dan juga negara.

“Hari ini adalah sebuah permulaan bagi perjalanan darmabaktimu untuk negeri ini, pengabdianmu untuk Ibu Pertiwi, dan perjuanganmu untuk kemajuan Indonesia. Mulai sekarang ini saatnya Saudara-saudara untuk menunjukkan prestasi sebagai pamong praja yang melayani rakyat,” tutur Presiden saat menyampaikan amanat dalam acara Pelantikan 1.456 calon Pamong Praja Muda angkatan XXV lulusan tahun 2018 di IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (27/7).

Pada bagian lain sambutan, Presiden juga meminta kepada para pamong praja muda untuk menunjukkan kecerdasan, kecepatan, dan ketangkasan dalam menghadapi perubahan-perubahan zaman. Ia menambahkan agar para pamong praja muda menunjukkan kemampuan untuk memberikan rasa keadilan dan kesejahteraan.

“Menjadi pamong praja akan membuka ladang pengabdian yang membanggakan, pengabdian untuk ideologi negara kita Pancasila, untuk NKRI dan konstitusi kita, Bhinneka Tunggal Ika, serta untuk Indonesia maju yang semakin jaya,” tutur Presiden dalam amanatnya.

Kepala Negara juga mengingatkan bahwa kehormatan yang para pamong praja muda terima saat ini dan akan datang sebagian merupakan hasil jerih payahnya.

“Namun Saudara-saudara tidak mungkin memperoleh penghormatan ini, jika tidak ada pengorbanan dari para orang tua Saudara-saudara semuanya, jika tidak ada ketekunan dan dedikasi dari para dosen, para pelatih, dan para pengasuh Saudara-saudara, jika tidak ada dukungan dari negara dan pemerintah, dan jika tidak ada hamparan kesempatan dari Ibu Pertiwi,” tutur Kepala Negara.

Inilah saatnya, lanjut Presiden, para pamong praja muda untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala anugerah-Nya, bersimpuh kepada Ibu Pertiwi dan berjanji untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Ia juga mengingatkan agar para pamong praja muda bersimpuh kepada orang tua dan berterima kasih atas segala pengorbanan yang telah diberikan.

“Selamat bertugas para pamong praja muda Indonesia. Teruslah belajar mengikuti perkembangan zaman. Jaga integritasmu sebagai pelayan masyarakat. Jaga kehormatan dirimu sebagai abdi negara. Buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia maju dan berjaya. Indonesia menunggu darmabaktimu,” pungkas Presiden akhiri amanat.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Staf Khusus Presiden Adita Irawati. (DND/EN)

Leave a Reply