Presiden Jokowi Apresiasi BPPT, Berhasil Temukan Bagian Black Box

Presiden Jokowi
Ist

Jakarta, Nuswantara.id – Presiden RI didampingi Panglima TNI, Menteri Perhubungan dan Kepala Basarnas, ditemui oleh Deputi Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR) BPPT, Wahyu Widodo Pandoe. Lebih lanjut Deputi TIRBT melaporkan perkembangan hasil Operasi tim Baruna Jaya I BPPT, kepada Presiden RI.

Presiden Joko Widodo memberi apresiasi atas kinerja tim SAR Gabungan. “Saya memberi apresiasi kepada tim yang sudah bekerja maksimal, Basarnas, TNI, Kementerian Perhubungan, BPPT, yang dalam waktu singkat mampu temukan bagian black box,” tuturnya.

Presiden Jokowi lalu berpesan agar pencarian korban untuk dimaksimalkan. “Tim harus terus bekerja untuk mengevakuasi korban. Sekali lagi saya juga menyampaikan rasa turut berduka cita mendalam terhadap korban,” urai Presiden.

Sementara Deputi TIRBR BPPT dalam laporannya menyampaikan bahwa tim di atas Kapal Baruna Jaya I BPPT selama operasi mendapatkan dua titik penemuan black box. “Kami temukan dua titik yang diduga black box. Kemarin kita fokus cari ke black box,” timpalnya.

Lebih lanjut Deputi TIRBR mengatakan, hari ini dilakukan fokus pencarian bagian lain black box yakni rekaman suara di cockpit atau VCR. “Seharusnya ada diantara dua titik tersebut yang sudah diduga menjadi lokasi yang sudah ditentukan oleh tim BPPT,” pungkasnya.

Kembali Melaut

Sebagai informasi tim Kapal Riset Baruna Jaya I BPPT kembali angkat sauh hari ini (02/11) untuk mencari bagian lain dari black box atau kotak hitam Pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang.

Dijelaskan, Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Kapal sudah kembali menuju area pencarian tim SAR Gabungan di Tanjung Pakis, Karawang. “Kapal Baruna Jaya sudah kembali melaut. Semalam merapat ke JICT II Tanjung Priok, untuk mengantar bagian dari black box yang kemarin ditemukan,” ujarnya.

Hammam menambahkan, kapal kembali melaut setelah pagi tadi mengisi logistik untuk kembali beropasi bersama tim Basarnas, KNKT dan tim gabungan lainnya. (HMP/GUN)

Leave a Reply