Pleno KPU, Jokowi-Ma’ruf Menang di Kukar

menang di Kukar
Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo (ketiga kanan) berpidato dalam kampanye terbuka di Gedung Kalawa, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (8/4/2019). Jokowi menargetkan kemenangan sebesar 70 persen suara di Kalimantan Tengah pada Pilpres 17 April mendatang. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj. gesuri.id

Kukar, Nuswanara.id – Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01  Joko Widodo(Jokowi)-KH Ma’ruf Amin dipastikan meraih kemenangan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur berdasarkan hasil penghitungan resmi KPU setempat.

 

Rapat Pleno rekapitulasi penghitungan suara dilakukan KPU Kukar, di Kecamatan Tenggarong, Selasa (07/05) siang, dan menempatkan pasangan Jokowi – Ma’ruf sebagai pemenang untuk Pemilihan Presiden.

 

Pasangan capres-cawapres yang diusung PDI Perjuangan tersebut meraup 215.055 suara atau sebesar 55,47 persen. Jokowi-Ma’ruf unggul 10,95% atau selisih 42.446 suara dibanding paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang hanya meraup dukungan 44,53% atau 172.609 suara di Kukar.

 

Dari 18 kecamatan se-Kukar yang menyampaikan rekapitulasi perolehan suara Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf meraih kemenangan di 12 kecamatan, yakni Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Loa Janan, Loa Kulu, Muara Badak, Muara Kaman, Muara Muntai, Muara Wis, Sebulu, Tabang, dan Tenggarong Seberang.

 

Sedangkan Prabowo-Sandi hanya mampu unggul di 6 kecamatan saja, yakni di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong, serta di 5 kecamatan pesisir, yakni Anggana, Marang Kayu, Muara Jawa, Samboja, dan Sanga-Sanga. Dari rekapitulasi perhitungan suara tersebut, jumlah suara tidak sah pada Pilpres 2019 di Kukar hanya berjumlah 8.646 suara. http://gesuri.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here