Megawati Raih Gelar Doktor Kehormatan ke-9

Mantan presiden Megawati Soekarnoputri (kiri) didampingi Ketua sekaligus Pendiri Trisakti Tourism Award Wiryanti Sukamdani (kanan) memberikan sambutan pada acara pemberian penghargaan tersebut di Jakarta, Minggu (22/12/2019). Trisakti Tourism Award 2019 memberikan penghargaan kepada 13 pemenang kategori wisata bahari, eko wisata, wisata budaya dan sejarah, wisata kuliner dan belanja, dan wisata petualang kepada pemerintah daerah atas kontribusinya pada pengembangan pariwisata daerah. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.

Jakarta – Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri akan mendapatkan gelar doktor kehormatan atau honoris causa (Dr HC) dari Universitas Soka di Tokyo, Jepang. Gelar Dr HC dari Universitas Soka di Tokyo, Jepang untuk bidang kemanusiaan untuk Ketua Umum PDI Perjuangan.

Baca: Kader PDI Perjuangan Aceh Barat Tekankan Kerja Nyata

“Ibu Megawati akan menerima gelar doktor kehormatan bidang kemanusiaan dari Soka University Tokyo. Untuk acara conferment ceremony atau upacara penyerahannya akan dilaksanakan Rabu lusa (8/9) di Tokyo,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyantodi Jakarta, Senin (6/1).

Hasto menjelaskan, sebelumnya Megawati telah menerima delapan gelar Dr HC dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ataupun luar negeri.

Putri Proklamator RI Bung Karno itu pertama kali menerima gelar Dr HC dari Universitas Waseda, Jepang pada September 2001.

Saat itu Megawati masih menjabat sebagai Presiden RI. “Universitas Waseda memberikan gelar Dr HC bidang hukum untuk Ibu Megawati,” sebutnya.

Saat masih menjadi Presiden RI pula Megawati memperoleh gelar Dr HC dari Moscow State Institute of International Relations (MGIMO). Pada 22 April 2003, perguruan tinggi bergengsi di bawah Kementerian Luar Negeri Rusia itu memberikan gelar Dr HC bidang politik untuk Megawati.

Selanjutnya pada 19 Oktober 2015, Megawati memperoleh gelar Dr HC bidang politik dari Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan. Gelar Dr HC keempat untuk Megawati datang dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung pada 25 Mei 2016.

Pada 27 September 2017, Universitas Negeri Padang (UNP) juga menganugerahkan gelar DR HC bidang pendidikan politik kepada Megawati. Kemudian pada 16 November 2017, Megawati juga menerima gelar DR HC bidang demokrasi ekonomi dari Mokpo National University, Korsel.

Selanjutnya pada 8 Maret 2018 giliran Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) juga memberikan gelar DR HC untuk Megawati. Pada 5 November 2018, giliran Fujian Normal University (FNU) di Tiongkok menganugerahkan gelar DR HC bidang ekonomi untuk tokoh kelahiran 23 Januari 1947 tersebut.

Baca: Megawati Terima Gelar Honoris Causa dari Universitas Soka

Hasto menambahkan, gelar DR HC dari Soka University nanti akan menjadi yang kesembilan bagi Megawati.

“Ini adalah pengakuan untuk Ibu Ketua Umum dari dunia internasional, lebih khusus lagi dari perguruan tinggi di mancanegara,” pungkasnya. http://gesuri.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here