Megawati Beri Penghormatan Terakhir Kepada Habibie

Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri (tengah) bersama Menko PMK Puan Maharani (kanan) menghadiri pemakaman almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.

Jakarta – Suasana sendu dan haru begitu terasa dari para pelayat yang hendak memberikan penghormatan terakhir kepad Presiden RI ketiga, Bacharudin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9). Seperti diketahui, Habibie meninggal dunia pada hari ini sekira pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. BJ Habibie dirawat di RSPAD sejak 1 September 2019 lalu.

Baca: Jokowi Akan Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie

Sejumlah tokoh nasional dan petinggi negara pun nampak hadir di TMP Kalibata, salah satunya adalah Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Megawati yang mengenakan pakaian berwarna hitam itu duduk berdampingan dengan Istri almarhum Presiden RI keempat Abdurahman Wahid, Sinta Nuriyah dan istri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla.

Megawati mengaku sangat berduka dan kehilangan atas berpulangnya sang tokoh teknokrat besar Indonesia. Ketua Umum PDI Perjuangan itu juga menyebut bahwa bangsa Indonesia kini kehilangan sosok pemimpin inspiratif.

“Bangsa Indonesia kehilangan sosok pemimpin inspiratif yang tidak pernah mengenal lelah memberikan semangat dan inspirasi agar putra-putri Indonesia berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kunci kemajuan bangsa,” ujar Megawati.

Semasa hidupnya, Habibie dan Megawati adalah sahabat dekat. Keakraban keduanya kerap terlihat dalam berbagai kesempatan.

“Dalam salah satu pertemuan makan siang, Ibu Mega begitu terkesan dengan semangat Pak Habibie di dalam mewujudkan mimpi Beliau terhadap pentingnya penguasaan teknologi guna menjawab berbagai tantangan Indonesia sebagai negara kepulauan dengan penduduk terbesar ke empat di dunia,” ujar Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto

Selain Megawati, hadir pula Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga. Tampak pula beberapa kepala daerah seperti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta, Anie Baswedan.

Menangani kesehatan BJ Habibie, sebanyak 44 dokter Kepresidenan ‎telah disiapkan. Mereka terdiri dari 34 tim panel ahli dan 10 dokter pribadi presiden.

Ada 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan yang menangani kesehatannya. Mereka adalah para dokter spesialis dari berbagai bidang, dari ahli jantung hingga otak.

Baca: Megawati: BJ Habibie Tokoh Inspiratif, Indonesia Kehilangan

Kondisi Habibie memang dikabarkan menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dokter masih memantau perkembangan kondisi Habibie.

Sebelumnya, Habibie juga menjalani perawatan pada 2018. Kondisi kesehatannya menurun karena kelelahan setelah melakukan kegiatan di berbagai kota di Indonesia.

Di tahun yang sama, ia juga sempat dirawat di Jerman karena mengalami kebocoran klep jantung. http://gesuri.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here