Komisi V DPR RI Tinjau Kesiapan Infrastruktur PON XX di Papua

Ist

Papua – Komisi V DPR RI didampingi beberapa jajaran dari Ditjen Cipta Karya, Ditjen Bina Marga, Ditjen Sumber Daya Air, Ditjen Perumahan dan Badan Perencanaan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan kunjungan kerja reses ke Provinsi Papua. Salah satu yang dikunjungi adalah infrastruktur Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Tahun 2020 di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (3/3/2020).

Dalam kunjunganya Komisi V DPR RI mengapresiasi Kementerian PUPR atas pembangunan Infrastruktur PON yang progresnya lebih cepat dari yang direncanakan. “Pembangunan ini lebih cepat dari waktu yang diberikan suatu hal yang harus diapresiasi oleh kita, karena memang harus segera siap dan dipakai untuk langkah uji coba terlebih dahulu sebelum acara PON diselenggarakan, agar penyelenggaraan PON berjalan dengan sesuai keinginan,” ucap Anggota Komisi V DPR RI Robert Rouw.

Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XVIII Papua juga siap untuk mendukung pelaksanaan PON XX dengan berbagai program kegiatan pelebaran dan preservasi jalan, serta pembuatan trotoar dan drainase jalan untuk menunjang akses mobilisasi dari dan menuju lokasi Venue PON.

”Untuk pelebaran 2 jalur sepanjang 1,9 Km di Jalan Abepura – Bts. Kota/Kab Jayapura sudah selesai 100%, kemudian terkait dengan ruas jalan yang menunjang PON ini nanti kita juga melakukan pekerjaan di ruas Abepura – Arso – Waris – Yetti dan ruas Jayapura – Sentani – Nimbotong berupa penanganan preservasi akan kita tangani karena terkait langsung dengan jalan di depan Stadion” ujar Kepala BBPJN XVIII Papua Osman Harianto Marbun.

Pada kesempatan ini juga rombongan Komisi V DPR RI meninjau lokasi venue dayung dan rencana pembangunan pengaman pantai yang terletak di Teluk Youtefa.  Ditjen SDA melalui Balai Wilayah Sungai Papua dalam mendukung pelaksanaan PON XX juga melakukan Pengendalian Banjir Kampung Harapan Sungai Makanuai pada Kawasan Venue PON untuk mengantisipasi banjir debris di lingkungan sekitar Stadion Utama Papua Bangkit dengan melakukan kegiatan berupa perkuatan tebing di hilir.

Komisi V DPR RI mendukung sepenuhnya agar penyelenggaraan PON ke XX di Papua dapat berjalan sukses dan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat Papua. Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati menambahkan, agar setelah selesai pelaksanaan PON XX yang akan datang, seluruh venue yang sudah dibangun dapat digunakan untuk masyarakat Papua sebagai ajang olahraga maupun pendidikan olahraga dan juga keperluan sekolah-sekolah untuk melaksanakan aktivitas olahraga sehingga dapat melahirkan atlet-atlet baru dari tanah Papua. (PPHAL/Dit)

 

Leave a Reply