Indonesia Negara Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara

ekonomi digital
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani memberikan sambutan pada acara Silaturahmi dan Penyerahan Bantuan Sosial di Balaikota, Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/6). Dalam kunjungan kerja Menko PMK tersebut untuk menyerahkan sejumlah bantuan diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww/18.

Jakarta, Nuswantara.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menyatakan pemerintahan Indonesia mencanangkan menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Saat ini dunia industri memasuki memasuki era industri 4.0 yang ditandai dengan kegiatan ekonomi berbasiskan pada teknologi cyber, atau ekonomi digital.

Menko PMK menyatakan, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mencanangkan visi Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020. “Salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital adalah dengan melakukan deregulasi kemudahan berusaha,” ujarnya saat pembukaan acara Indonesia Women Forum 2018 yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (8/11).

Lebih lanjut Menko PMK Puan Maharani menjelaskan dalam dua tahun terakhir, peringkat kemudahan berusaha Indonesia menurut laporan bank dunia, meningkat dari peringkat 109 menjadi peringkat 91, naik 15 peringkat.

Pemerintah juga menyediakan akses permodalan melalui kredit usaha rakyat mencapai Rp120 triliun. “Demi mewujudkan negara ekonomi digital yang kuat maka kita juga membutuhkan pelaku-pelaku usaha yang tangguh dan kreatif. Acara Indonesia Womens Forum 2018 ini, merupakan salah satu upaya penting dalam membangun pelaku usaha yang kuat dan kreatif khususnya kaum perempuan,” katanya.

CEO Femina, Svida Alisjahbana menjelaskan, Indonesia Women’s Forum (IWF) merupakan ajang selebrasi hal-hal terbaik yang sudah dicapai oleh wanita Indonesia, baik di dunia karier korporasi, maupun wanita wirausaha.

Acara ini menjadi ajang pertemuan wanita bekerja terbesar di Indonesia dengan estimasi peserta dan pengunjung lebih dari 1000 wanita per hari. (gesuri.id)

Leave a Reply