Hasil Survei LSI Indopolling, Kiai Ma’ruf: Berkat Jokowi

survei LSI Indopolling
gesuri.id

Jakarta, Nuswantara.id – Lembaga survei Indonesia (LSI) Indopolling merilis hasil survei teranyar terkait elektoral calon presiden dan wakil presiden di Jawa Barat. Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul sebanyak 28.8 persen dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya mendapatkan 23.7 persen.

Menanggapi hal tersebut, cawapres nomor urut 01 Kiai Ma’ruf Amin mengatakan unggulnya suara di Jawa Barat berkat pembangunan yang dilakukan oleh Jokowi dan kini terasa dampaknya oleh masyarakat. Serta dukungan dari para ulama di Jawa Barat yang sempat medeklarasikan diri mendukung Ma’ruf Amin.

“Ya itu kan pertama tentu berkat apa yang dilakukan pak Jokowi selama periode pertama, ada kemaslahatan dan kemanfaatan yang dirasakan. Kemudian berkat dukungan para ulama,” ujar Ma’ruf di kediamannya di Jalan Situbondo no 12, Menteng, Jakarta, Rabu (7/11).

Selain itu, mantan Rais Aam PBNU ini meyakini gaya berkomunkasi yang selama ini dibangun baik olehnya maupun Jokowi dengan narasi-narasi santun dan tanpa memaki, terbukti mampu menarik simpati masyarakat.

“Kemudian, dan berkat komunikasi kita. Kita kan komunikasinya dengan cara yang santun, dengan cara menyapa, dengan cara mengajak, tidak dengan cara” yang kasar, memaki. Jadi itu mungkin yang menjadi mereka simpati kita itu. Jadi terimakasih kalau itu memang menjadi elektabilitasnya tinggi,” ungkap Ma’ruf Amin.

Ma’ruf mengaku bahwa dirinya tidak khawatir berebut suara di daerah basis PKS seperti Depok, Bekasi dan Bogor. Menurutnya yang perlu dilakukan dengan berlomba dengan menggunakan cara-cara yang elegan untuk mempengaruhi masyarakat.

“Saya kira kita berlomba saja untuk mempengaruhi masyarakat, menarik masyarakat, tapi dengan cara-cara yang elit, cara yang santun, cara yang baik, saya kira gak ada masalah. Kita memang di dalam pilpres nanti memang merebut umat, merebut masyarakat,” imbuhnya.(gesuri.id)

Leave a Reply