Hadapi Debat, Jokowi Punya Keunggulan Sebagai Petahana

debat perdana
Ilustrasi. Capres Petahana Jokowi bersama Tim Kampanye Nasional (TKN Jokowi-Ma'ruf. gesuri.id

Jakarta, Nuswantara.id – Debat capres dan cawapres perdana digelar Kamis (17/1) hari ini. Sebagai capres petahana, Jokowi diyakini siap berargumen terkait isu penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Debat capres dan cawapres perdana digelar Kamis (17/1) hari ini. Sebagai capres petahana, Jokowi diyakini siap berargumen terkait isu penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Politikus PDI Perjuangan Darmadi Durianto mengatakan, dengan pengalaman sebagai RI-1 yang sudah berjalan empat tahun lebih, Jokowi dianggap mengetahui persoalan secara konkret. “Penegakkan hukum dan pemberantasan kasus-kasus korupsi di era Jokowi lebih konkret dan efektif,” ujar Darmadi, Rabu (16/1).

 

Bagi dia, Jokowi tak punya beban terkait tema debat perdana. Contohnya seperti pelanggaran HAM atau korupsi karena Jokowi punya catatan bersih dan tak pernah terseret kasus. Salah satu penghargaan yang didapat Jokowi adalah Bung Hatta Anti Corruption Award ketika menjabat Wali Kota Solo.

 

“Jokowi bukan bagian dari masa lalu yang masih menyisakan beban persoalan hukum. Untuk korupsi, Jokowi sudah punya catatan penghargaan Bung Hatta Anti Corruption Award,” ujar Anggota DPR tersebut.

 

Ia meminta semua pihak obyektif dalam menilai kinerja Jokowi soal isu penegakan hukum. Kata dia, eks Gubernur DKI itu berusaha menyelesaikan persoalan hukum. “Memang tidak gampang menyelesaikan problem tersebut secara cepat. Perlu strategi dan dukungan penuh dari seluruh rakyat. Karena persoalan hukum dan korupsi adalah PR kita bersama,” ujarnya. http://gesuri.id

Leave a Reply