Gelar HC Puan Maharani Bukti Dedikasi Membangun Bangsa

Ilustrasi. Ketua DPR Puan Maharani (tengah) saat berfoto bersama Rektor UI Prof Ari Kuncoro (kedua kiri) dan para mahasiswa wisuda pada Dies Natalis UI ke-70 dan wisuda mahasiswa di Balairung, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Sabtu (1/2).

Jakarta– Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi alias Hendi, mengatakan turut bangga dan bahagia atas gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro yang diterima Ketua DPR RI Puan Maharani.

Baca: Undip Paparkan Alur Pemberian Doktor HC ke Puan

Hal itu, menurutnya, merupakan pengakuan atas dedikasi Puan dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan manusia dan kebudayaan.

“Selama beliau menjabat sebagai Menko PMK, angka kemiskinan turun, pengangguran turun, gini ratio turun, di sisi lain indeks pembangunan manusia meningkat berkala, dan seterusnya,” tutur Hendi dalam siaran persnya, Kamis (13/2).

Puan, kata Hendi, merupakan mantan Menko RI wanita pertama dan termuda yang menginspirasi banyak pihak. Hendi menuturkan sejumlah tren positif pembangunan Indonesia terangkat saat Puan menjabat Menko PMK.

“Capaian itu adalah hasil kerja keras beliau, salah satunya dengan mengawal pembagian Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, dan Program Keluarga Harapan,” lanjutnya.

Ia menceritakan Puan tak segan turun ke lapangan memastikan program pembangunan manusia dan kebudayaan berjalan baik.

Ia mencontohkan pada 2016, Puan ke Semarang dan masuk gang di Banyumanik untuk meninjau program E-Warong Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama.

“Dan program-program inovatif beliau juga memacu Pemkot Semarang dalam pembangunan Smart City. Seperti misalnya ketika beliau menjabat Menko PMK, bantuan sosial diberikan secara non-tunai, sehingga secara sistem mudah dimonitor agar tepat sasaran,” tambahnya.

Penganugerahan gelar Doktor HC kepada putri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri itu dijadwalkan berlangsung di Gedung Prof Sudarto Undip, Tembalang, Semarang, Jumat (14/2).

BacaPuan Telah Penuhi 10 Prasyarat Doktor HC Undip

Sebelum menerima gelar, Puan akan menyampaikan pidato pengukuhan di depan sidang senat.

Puan akan membacakan pidato pengukuhan berjudul ‘Kebudayaan Sebagai Landasan Utama Membangun Indonesia Berpancasila Menuju Era Masyarakat 5.0’. http://gesuri.id

Leave a Reply