Formula E Batalkan Saja! Jangan Hanya Ditunda

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Hardiyanto Kenneth.

Jakarta– Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Hardiyanto Kenneth menegaskan perhelatan Formula E dibatalkan saja demi kepentingan dan keselamatan warga Jakarta.

“Alangkah baiknya dibatalkan saja, karena menyangkut keselamatan khalayak ramai. Selain itu tidak ada manfaatnya, lebih baik Pak Anies fokus saja memperbaiki ibukota ,” tutur Politikus PDI Perjuangan itu.

Baca: Terkait Corona, Hardiyanto Kenneth Minta Formula E Batal !

Meski demikian ia mengapresiasi langkah Pemprov DKI Jakarta menunda gelaran Formula E.

Hal itu lantaran maraknya wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

“Saya apresiasi langkah Pemprov DKI, dalam hal ini Gubernur Anies Baswedan, yang menunda perhelatan Formula E,” kata Kenneth dalam keterangannya, Rabu (11/3).

Ia juga sangat menyayangkan, bahwa Pemprov DKI Jakarta sudah menyetor dana kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E, sebanyak 20 juta poundsterling atau setara dengan Rp345,9 miliar sebagai commitment fee.

Sedangkan biaya penyelenggaraan Formula E sendiri menelan biaya Rp934 miliar.

“Itu uang rakyat semua, jadi jangan macam-macam untuk menggunakan anggaran yang tidak ada manfaatnya bagi warga Jakarta. Uang yang sudah di keluarkan untuk komitmen fee sebesar Rp 345,9 milliar kepada FIA Formula E harus di audit dan harus bisa di pertanggangung jawabkan secara transparan oleh Gubernur Anies,” sambungnya.

Kent menyarankan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung dilibatkan dalam hal tersebut, agar lebih fair dan transparan.

“Dan saya juga menyarankan agar KPK dan Kejaksaan dilibatkan dalam proses audit ini, supaya lebih fair. Menurut saya lebih baik dana tersebut fokus digunakan untuk penanggulangan banjir dan lain-lain,” imbuhnya.

Ia juga meminta kepada Gubernur Anies agar menomorsatukan keselamatan warga dibandingkan melaksanakan kegiatan Formula E yang tidak ada manfaatnya.

“Nomor satukan keselamatan warga agar tidak terkena virus corona. Nanti dengan sendirinya perekonomian di Jakarta akan bangkit,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan secara resmi menunda penyelenggaraan Formula E yang rencananya digelar pada Juni 2020. Hal tersebut tertuang dalam surat Nomor 117/-1.857.73.

“Kita memutuskan untuk menunda pelaksanaan Formula E di bulan Juni. Waktu pelaksanaannya akan dibahas kemudian,” ucap Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Dalam surat keputusannya tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebutkan bahwa penundaan Formula E akibat merebaknya virus corona atau Covid-19.

Baca: Corona Muncul, Tina Toon Minta Formula E Dibatalkan

Seharusnya, Jakarta menjadi tuan rumah Formula E Jakarta pada 6 Juni 2020. Ajang balap mobil listrik tersebut pun rencananya akan diselenggaralan di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Rutenya mulai dari Gambir menuju Patung Arjuna Wiwaha, belok kanan ke Jalan Silang Monas Barat Daya, masuk ke kawasan Monas, belok kiri ke sisi barat, lalu putar balik, belok kiri ke sisi selatan, keluar kawasan Monas melalui Jalan Silang Monas Tenggara, lalu kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan. http://gesuri.id

SHARE

Leave a Reply