FIFA Ajukan Surabaya Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Ilustrasi. Tampak suasana upacara pembukaan celebration games dengan koreografi di tengah stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Pertandingan tersebut dimenangkan oleh tuan rumah persebaya pada celebration game dengan skor akhir 2-0 melawan PSS Sleman, beberapa waktu lalu. (jawa pos/Guslan Gumilang)

Jakarta – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mengajukan Kota Surabaya, Jawa Timur, jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang digelar pada tahun 2021. “Saya langsung disposisi. Saya tidak minta. Kecuali saya minta-minta,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada wartawan di ruang kerjanya, baru-baru ini, dilansir dari bola.tempo.co, Senin (26/8) lalu.

Baca: Risma Akan Kirim Sembilan Anak Berlatih Bola di Liverpool

Risma mengaku dirinya baru membaca surat yang dikirim oleh FIFA. Ia gembira mendengar kabar tersebut sehingga langsung mendisposisi untuk menerima kepercayaan tersebut.

Risma menyatakan Surabaya siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ia beralasan menerima kepercayaan sebagai tuan rumah piala dunia karena ia ingin anak-anak Surabaya bisa bermimpi menjadi pemain dunia.

Tak hanya itu, kata Risma, anak-anak kecil juga bisa dijadikan anak gawang saat pertandingan berlangsung. “Saya senang anak-anak bergandengan tangan dengan pemain dunia,” katanya.

Wali Kota Risma optimistis sarana prasarana yang digunakan untuk kejuaraan dunia sudah siap, karena pelaksanaannya berlangsung pada 2021. Ia memperkirakan pada 2021, akses jalur lingkar luar barat dan jalan menuju Stadion Gelora Bung Tomo sudah selesai.

Setelah menerima surat penunjukan sebagai tuan rumah kejuaraan sepak bola dunia U-20, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menerima kunjungan beberapa pengurus PSSI Jawa Timur untuk membahas kesiapannya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sementara itu pengurus PSSI Jawa Timur membantah bahwa penunjukan Surabaya sebagai tuan rumah sudah diputuskan FIFA. Mereka menemui Wali Kota untuk meminta persetujuan sebagai salah satu calon untuk keperluan bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

“Kami hari ini membawa mandat dari PSSI Pusat menghadap bu Risma untuk minta persetujuan, dan Alhamdulillah beliau menyetujuinya,” ujar Sekretaris PSSI Jatim Amir Burhannudin usai bertemu dengan Risma.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia dalam hal ini PSSI akan ikut bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 yang digelar pada 2021. PSSI sudah memutuskan 10 stadion sebagai venue, termasuk Stadion Gelora Bung Tomo yang merupakan milik Pemerintah Kota Surabaya.

Baca: Buka Kejuaraan U-14 , Sepatu Risma Lepas Saat ‘Kick Off’

“Untuk Surabaya dan Palembang (Stadion Jakabaring) adalah permintaan Presiden RI Joko Widodo,” kata Amir.

Selain Surabaya dan Palembang, calon tuan rumah Piala Dunia U-20 lain adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Patriot Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Stadion Mandala Krida, Stadion Pakan Sari, Stadion Manahan Solo, Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali, dan Stadion Si Jalak Harupat Bandung.

Catatan: Berita ini telah direvisi pada Selasa, 27 Agustus 2019, pukul 08.00 WIB, dengan menambahkan keterangan pengurus PSSI Jawa Timur yang menyatakan bahwa Surabaya baru diajukan sebagai salah satu calon tuan rumah. http://gesuri.id

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here