DPC Bali Tunggu Aba-aba DPP Untuk Pilkada 6 Daerah

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Perjuangan Bali, IGN Alit Kusuma Kelakan.

Jakarta – DPC PDI Perjuangan Bali masih menunggu arahan dari DPP untuk memulai tahapan jelang pilkada serentak di 6 daerah di tahun 2020 mendatang. Keenam daerah tersebut yaitu Badung, Denpasar, Tabanan, Jembrana, Karangasem, dan Bangli.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Perjuangan Bali, IGN Alit Kusuma Kelakan, menyatakan peraturan organisasi terkait mekanisme penjaringan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati dan Calon Walikota-Calon Wakil Walikota sebetulnya sudah ada.

Baca: Jelang Pilkada Bali, PDI Perjuangan Dominasi Polling Online

Namun, arahan soal waktu pelaksanaan, belum ada. “Kami menunggu arahan DPP PDI Perjuangan soal kapan harus dimulai. Kalau SK tentang mekanisme penjaringan bakal calon sudah ada,” ujar Alit Kelakan dilansir dari nusabali.com, Minggu (8/9).

Menurut Alit Kelakan, proses penjaringan dan penyaringan calon kepala daerah untuk Pilkada biasanya dimulai dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan.

Kemudian, ada petunjuk DPP PDI Perjuangan terkait strategi di Pilkada. Setelah proses itu berjalan, ada petunjuk pelaksanaan tentang waktu penjaringan calon.

“Biasanya, pelaksanaan penjaringan calon dilakukan H-6 bulan Pilkada. Jadi, sekitar Februari-Maret 2020 mendatang baru akan dimulai pendaftaran calon di PDI Perjuangan,” ujar politisi asal Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat yang baru saja pastikan lolos ke DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bali melalui Pileg 2019 ini.

Alit Kelakan menyebutkan, dalam proses penjaringan dan penyaringan calon untuk Pilkada 2020 serentak nanti, PDI Perjuangan akan membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah.

Mereka yang mendaftar dalam proses itu akan diikutkan dalam konsolidasi Rapat Kerja Cabang (Rakercab) PDI Perjuangan.

“Dalam Rakercab PDI Perjuangan akan ditetapkan paket calon untuk diserahkan kepada DPP PDI Perjuangan buat mendapatkan rekomendasi,” tegas mantan Wakil Gubernur Bali 2003-2008 dan anggota DPD RI Dapil Bali 2009-2014 ini.

Siapa saja yang boleh mendaftar di PDI? ”Yang mendaftar itu boleh paket calon, boleh juga memilih salah satunya antara calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah.

Nanti akan diproses di Rakercab PDI Perjuangan untuk ditetapkan sebagai paket calon,” kata Alit Kelakjan, yang dalam Pileg 2019 lolos ke DPR RI Dapil Bali bersama 5 kader PDI Perjuangan lainnya: I Made Urip (asal Tabanan), IGA Rai Wirajaya (asal Denpasar), I Nyoman Parta (asal Gianyar), I Wayan Sudirta (asal Karangasem), dan I Ketut Kariyasa Adnyana (asal Buleleng).

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster mengatakan proses penja-ringan dan penyaringan calon untuk Pilkada 2020 serentak di 6 daerah segera akan dilaksanakan PDI Perjuangan Kabupaten/Kota.

“Proses penjaringan masih menunggu jadwal ini,” ujar Koster yang juga Gubernur Bali 2018-2023 saat ditemui NusaBali di Rumah Jabatan Gubernur Komplek Jaya Sabha, Jalan Surapati Nomor 1 Denpasar, Sabtu (7/9) sore.

Koster menegaskan, dalam penjaringan dan penyaringan calon nanti, PDI Perjuangan membuka peluang seluas-seluasnya kepada kader maupun non kader untuk mendaftar sebagai bakal Cabup-Cawabup dan Cawali-Cawawali.

“Kader ataupun kalangan independen silakan mendaftar, kami terbuka,” tegas politisi PDI Perjuangan asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini.

Sementara, berdasarkan rumor yang selama ini santer beredar di lapangan, PDI Perjuangan akan usung I Gede Dana sebagai Cabup Karangasem di Pilkada 2020. Gede Dana adalah politisi asal Desa Datah, Kecamatan Abang yang kini Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem dan sekaligis Ketua DPRD karangasem 2019-2024.

Sedangkan di Pilkada Tabanan 2020, PDI Perjuangan digadang-gadang akan usung I Ko-mang Gede Sanjaya sebagai Cabup. IKG Sanjaya adalah politisi asal Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan yang kini Ketua DPC PDI Perjuangan Tabanan dan masih menjabat Wakil Bupati Tabanan 2016-2021.

Untuk Pilkada Jembrana 2020, PDI Perjuangan bakal usung I Made Kembang Hartawan sebagai Cabup. Kembang Hartawan adalah politisi asal Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana yang kini Ketua DPC PDI Perjuangan Jembrana dan masih menjabat Wakil Bupati Jembrana 2016-2021.

Baca: I Wayan Koster Hari Ini Akan Disahkan Sebagai Ketua DPD

Untuk Pilkada Badung 2020, PDI Perujuangan hampir dipastikan akan usung kembali pasangan incumbent I Nyoman Giri Prasta-I Ketut Suiasa sebagai Cabup-Cawabup. Giri Prasta adalah politisi asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung yang kini Ketua DPC PDI Perjuangan Badung dan masih menjabat Bupati Badung 2016-2021.

Untuk Pilkada Denpasar 2020, PDI Perjuangan hampir dipastikan akan usung IGN Jaya Negara sebagai Cawali. Jaya Negara merupakan politisi senior asal Desa Penatih, Kecamatan Denpasar Timur yang kini menjabat Sekretaris DPD PDI Perjuangan Bali. Jaya Negara sudah dua periode menjadi Wakil Walikota Denpasar, yakni 2010-2015 dan 2016-2021.

Sebaliknya, untuk Pilkada Bangli 2020, PDI Perjuangan hampir dipastikan akan usung Sang Nyoman Sedana Arta sebagai Cabup. Sedana Arta adalah politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli yang kini Ketua DPC PDI Perjuangan Bangli dan masih menjabat Wakil Bupati Bangli 2016-2021. http://gesuri.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here