Asap Cair Obat Alternatif Covid-19

Tabanan, Nuswantara Bali – Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Sriwijaya menyelenggarakan kegiatan diskusi dan pengenalan proses produksi asap cair bersama komunitas pengusaha bisnis jaringan Tabanan di Kantor P4S Sriwijaya, Desa Gadungan, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Minggu (10/1).

Tami Suharto, ST sebagai narasumber menyampaikan bahan asap cair dari batok kelapa limbah dari pembuatan virgin coconut oil (VCO), melalui proses distilasi (batok kelapa dibakar, asapnya dikondensasi/diembunkan agar keluar air) dengan alat pirolisis.

Ditambahkannya, hasil dari distilasi disebut asap cair tiga (grade 3), kandungannya fenol dan sarin cukup tinggi. Asap cair tiga ini bisa dimanfaatkan untuk pertanian sebagai zat perangsang tumbuh (ZPT) dan pestisida organik yang ramah lingkungan. “Asap cair tiga di distilasi lagi meghasilkan asap cair dua (grade 2), yang bisa dimanfaatkan untuk pengawet makanan pengganti formalin,” terangnya.

Kata dia, untuk menghasilkan asap cair satu, asap cair dua di distilasi lima kali lagi. Asap cair satu ini bisa dimanfaatkan untuk pengawet makanan alami dan obat. “Saat ini asap cair satu produksi P4S Sriwijaya dalam tahap uji lab dan ijin edar dari BPOM,” ungkapnya.

Disamping itu, ia mengatakan asap cair satu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti, sakit kulit, sakit otot/tulang, ketombe, keputihan, wasir, sariawan/sakit gigi, kencing manis dan bisa dimanfaatkan sebagai handsanitizer.

“Bahkan asap cair satu ini sudah dikonsumsi oleh 70 orang penderita Covid-19, rata rata kesembuhannya tiga sampai lima hari. Dan asap cair satu ini sangat baik untuk mencegah terpapar Covid-19 dengan minum rutin tiap hari,” ungkapnya.

Ditambahkannya, asap cair satu ini sempat viral di medsos sebagai obat alternative Covid-19, di viralkan oleh KSAD Andika Perkasa. Beliau perintahkan semua rumah sakit angkatan darat gunakan asap cair satu untuk pencegahan dan mengobati pasien covid-19.

Dijelaskannya, Untuk mendapatkan asap cair satu kualitas premium ia melakukan uji coba sampai dua puluh kali. Ia melakukannya sebagai bentuk empati dengan kondisi masyarakat saat ini sangat rentan terpapar covid-19. Dan ia ingin bisa berkontribusi untuk masyarakat dengan menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

“Produksi asap cair P4S Sriwijaya sudah mendapat apresiasi dari dinas terkait, karena mampu mengembangkan sistem distiliasi dengan baik dan mandiri dengan menghasilkan produk asap cair berkualitas premium,” paparnya.

Disamping itu, Ir Nyoman Wira Adnyana selaku Ketua P4S Sriwijaya berharap kepada rekan-rekan komunitas pengusaha bisnis jaringan yang hadir, bisa membantu memperkenalkan asap cair satu, dua dan tiga untuk disampaikan ke masyarakat.

“Disamping untuk kesehatan asap cair ini juga sangat mendukung pertanian ramah lingkungan untuk menjaga kelestarian alam,” pungkasnya. (dea)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here